Waspada Hujan Berpetir, Cuaca Ekstrem Sepekan Ke Depan di Kalsel

BPBD Kab. HSS, Kandangan Kamis 18 April 2024.

KENALI BAHAYANYA DAN KURANGI RISIKONYA.

Berdasarkan informasi dari BMKG, wilayah Kalsel akan terjadi peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi, kondisi ini dipicu gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di sebagian wilayah Indonesia, termasuk Pulau Kalimantan, juga terjadi sirkulasi siklonik terpantau berada di Laut Cina Selatan di utara Kalimantan dan Samudera Pasifik di utara Papua.

Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang. Berpotensi menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. Kondisi ini berlangsung di sebagian wilayah Indonesia hingga 21 April 2024.

Kondisi itu juga berdampak pada wilayah Kalsel. berdasarkan dinamika atmosfer terkini terdapat daerah perlambatan angin (konfluens) di wilayah Kalsel.

Labilitas udara lokal yang cukup kuat juga mendukung proses konvektif pada skala lokal di sejumlah wilayah Kalsel, sehinngga berpotensi menyebabkan terjadinya pertumbuhan awan-awan konvektif yang masif di sekitar Kalimantan Selatan.

BPBD Kab. Hulu Sungai Selatan menindaklanjut keadaan tersebut diatas dan menghadapi dengan wadapada siap akan fenomena cuaca ekstrem yang disertai angin kencang dan petir ini akan bakal jadi ancaman bagi sejumlah daerah rawan. Terutama daerah yang topografinya curam dan cekung, pegunungan dan tebing yang rawan longsor dan banjir.

Kami sangat harap masyarakat waspada dan berhati-hati dalam beraktivitas, sehingga potensi dan dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem ini dapat dihindari atau seminimal mungkin.

Oleh karena itu Masyarakat untuk selalu mengikuti perkembangan informasi terupdate dari BMKG.

Waktu dan Wilayah Waspada di Kalsel

Rabu, 17 April 2024
Siang hingga sore hari, terdapat potensi hujan disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru dan sekitarnya.

Kamis, 18 April 2024
Sore hingga Malam hari, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kotabaru, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala dan sekitarnya.

Jumat, 19 April 2024
Siang hingga sore hari, terdapat potensi hujan disertai kilat/petir di wilayah Kotabaru, Tanah Bumbu dan sekitarnya.

Sabtu, 20 April 2024
Siang hingga sore hari, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Hulu Sungai Selatan, Hulu Hulu Sungai Tengah, Barito kuala, Tapin dan sekitarnya.

Minggu, 21 April 2024
Siang hingga sore hari, terdapat potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kotabaru, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong dan sekitarnya.

Selasa, 23 April 2024
Siang hingga sore hari, terdapat potensi hujan sedang disertai kilat/petir di wilayah Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan sekitarnya.

Bagi yang beraktivitas di daerah sekitar muara Sungai Barito, Potensi pasang surut maksimum juga masih cukup tinggi antara 2.5 – 2.9m di Muara Sungai Barito pada pukul 11.00 WITA hingga 18.00 WITA pada tanggal 17 April 2024 hingga 20 April 2024.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat dan kita dapat terhindar dari dampak bencana atau dapat meminimalkannya

“Kami Siap Untuk Selamat”

SALAM TANGGUH SALAM KEMANUSIAAN – BPBD Kab. HSS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *