tim bnpb akan kunjungi beberapa tempat yang rusak pasca bencana di hss

Bertempat di Aula Rakat Mufakat Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), siang ini baru saja selesai dilaksanakan Rapat Koordinasi antara instansi terkait dengan Tim Verifikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, yang datang ke Kabupaten ini. Rapat dipimpin oleh Asisten Bidang Perekonomian Dan Pembangunan, Ir.Martakarya Saputra, SH, M.IP. (Selasa, 24/05).

Informasi Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten HSS, Kusyairi, S.Sos., M.IP bahwa ada 3 titik lokasi yang akan dikunjungi oleh Tim BNPB Pusat, yang kebetulan masuk wilayah Kecamatan Padang Batung. 2 titik di Desa Batu Laki, yakni jalan rusak dan Jembatan putus. Sedangkan satunya lagi siring yang ada di Desa Pandulangan. Menurutnya Tim akan melihat langsung ke lapangan untuk verifikasi, sebagai langkah awal untuk tindakan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir.

Sementari itu Ketua Tim Verfikasi BNPB Pusat, Ranggi Maulana menyatakan pentingnya melihat langsung ke lapangan kondisi yang ada, sebagaimana di laporkan oleh BPBD HSS.

“langkah ini prosedur yang memang harus kami lakukan, dalam menindak lanjuti setiap laporan bencana yang terjadi di setiap daerah. Hal ini penting karena hasilnya nanti kami bicarakan dengan pihak Kementerian Keuangan, untuk selanjutnya hasilnya berupa dana hibah dari Pemerintah Pusat yang dikucurkan kepada Pemerintah Daerah, sesuai dengan kondisi kerusakan yang terjadi akibat bencana” ungkapnya.

Dalam rapat kali ini disepakati bahwa Tim BNPB akan melakukan verifikasi ke lapangan besok, didampingi oleh BPBD HSS dan Dinas PUTR Kabupaten HSS, serta kemungkinan juga oleh Tim BPBD Provinsi Kalsel dan Balai Sungai yang juga ikut dalam rapat kali ini.

(Kominfo-HSS/AJP/2405200)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *